≡ Menu

9 Hak Bayi Islam Sebelum Dilahirkan. Perancangan Awal Sebelum Kelahiran Zuriat


Inilah 9 Hak Anak Sebelum Lahir Ke Dunia | Sebelum menjadi orang tua, hendaknya kita terus menambah ilmu dan mencari tahu segala hal mengenai suatu pernikahan, keluarga dan anak.

Pastinya, saat kita menikah maka memiliki anak adalah harapan yang begitu tinggi bagi pasangan suami isteri.

Berikut ini adalah 9 hak janin sebelum anak kita lahir:

1. Memiliki keturunan atau nasib yang baik
Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa kita harus berhati-hati saat memilih pasangan hidup.

Kerana pada nantinya, pasangan kita akan menjadi ayah atau ibu dari anak-anak kita. Oleh kerana itu, kita harus tepat memilih pasangan dengan pemahaman agama yang baik agar boleh menjadi imam dan ibu yang baik.

Kambing Aqiqah Murah Indonesia

2. Dijaga sejak dalam kandungan
Banyak ibu yang melakukan aborsi untuk menggugurkan anaknya kerana berbagai alasan.

Padahal, anak memiliki hak untuk dijaga saat masih di dalam kandungan. Kita harus memastikan bahawa anak mendapatkan asupan gizi yang cukup dan berkonsultasi pada dokter agar kandungan tetap terjaga. Inilah hak anak dalam keluarga.

3. Membaca do’a sebelum berjima’
Terdapat beberapa hal yang harus kita lakukan sebelum melakukan hubungan suami isteri, yakni berwudhu, berdoa, dan selalu mengingat Allah agar diberikan benih yang menjadi calon anak soleh dan atau solehah. Semua adab dan tatacara itu telah dicontohkan dan diajarkan Islam.

BACA:  Bersyukur Dengan Kelebihan Dan Kekurangan, Insya'Allah Allah Akan Melipat Gandakan Nikmat

4. Memilih ibu yang solehah
Jangan pernah meremehkan akan hal ini. Ibu adalah orang pertama yang berpengaruh terhadap perkembangan anak-anak dalam keluarga.

Dapat dikatakan bahawa seorang ibu adalah pencetak karakter anak, bagaimana cara seorang ibu mendidik anaknya, mengasuh anaknya dan menyayangi anaknya.

5. Mempersiapkan nama-nama yang baik dan memiliki kandungan doa
Nama adalah doa. Sebelum anak lahir, sebaiknya kita mempersiapkan beberapa nama untuk anak, baik lelaki ataupun perempuan.

Pastikan bahwa nama itu memiliki nama dan arti yang baik agar doa tersebut menjadikan sang anak sesuai dengan harapan kita. Hukum memberi nama anak sebelum lahir harus dipenuhi oleh orang tua.

6. Terlahir dari orang tua yang sah
Sekarang ini, banyak kita jumpai anak yang lahir hanya dengan seorang ibu karena ayahnya tidak mau bertanggung jawab dan justru melarikan diri.

BACA:  "Sebutan 'aku cinta padamu' dan 'apa khabar sayang' hanyalah gula-gula murahan Artis KPOP". SEDARLAH WAHAI ANAK BANGSA

Meskipun dosa itu bukanlah dosa sang anak, melainkan orang tuanya. Saat merek mengerti pastinya akan menimbulkan tekanan tersendiri bagi pikiran dan hati sang anak.

7. Dinafkahi dan diberikan dengan rezeki yang halalan thoyyiban
Jangan pernah memberikan pakaian, makanan atau keperluan anak yang lain dengan rezeki yang tidak halal.

Pastikan bahwa rezeki yang diberikan merupakan rezeki yang halal, baik dari sumber, cara memperolehnya hingga pemakaiannya.

8. Selalu didoakan
Meskipun masih di dalam kandungan, orang tua hendaknya selalu memberikan doa-doa, bisa berupa membacakan ayat suci Al-Qur’an atau mengucapkan zikir serta kalimat thoyyibah.

9. Ibunya dimanjakan ketika sedang hamil
Melewati 9 bulan saat mengandung anak bukanlah perkara mudah. Oleh kerana itu, sebaiknya orang disekitar, khususnya suami harus siap siaga dalam membantu ibu dalam melakukan aktiviti agar tidak membahayakan anak.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita harus memenuhi hak anak di dalam kandungan. Semua hak ini demi kebaikan anak dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah.

Kambing Aqiqah Murah Indonesia
Loading...

Minat menulis artikel? Inilah peluang untuk anda. Hantar artikel anda di sini: www.islamituindah.info/hantar-artikel