≡ Menu

Sukar Beroleh Zuriat? Amalkan Doa Nabi Zakaria Ini


Nabi Zakaria, yaitu ayah Nabi Yahya sadar banyak anggota keluarganya dari Bani Israil merupakan orang yang tidak beradab dan gemar bermaksiat karena kedangkalan iman mereka. Ia khawatir bila tiba ajal dan tidak mempunyai keturunan yang dapat memimpin kaumnya, sehingga mereka akan semakin merajalela dan sangat mungkin mengadakan perubahan-perubahan di dalam kitab suci Taurat dan menyalahgunakan hukum agama.

Kecemasan itu mengusik pikiran Zakaria, dan ia sedih karena belum juga mempunyai keturunan walau telah berusia 90 tahun. Ia agak terhibur ketika mengasuh Maryam yang dianggap sebagai anak kandungnya sendiri. Akan tetapi rasa sedihnya dan keinginanya untuk memperoleh keturunan timbul kembali ketika ia menyaksikan mukjizat hidangan makanan di mihrab Maryam. Ia berfikir di dalam hatinya bhawa tidak ada yang mustahil bagi Allah. Allah yang telah memberi rezeki kepada Maryam dalam keadaan seorang diri dan tidak berdaya. Allah pasti berkuasa memberinya keturunan bila dengan kehendak-Nya walaupun usianya sudah lanjut dan rambutnya sudah penuh uban.

BACA:  Nak Anak Jadi Hamba Allah Yang Taat, Ibu Ayah Wajib Didik Mereka Dengan 7 Perkara Ini

Suatu ketika, Hannah ingin mempunyai anak, sehingga ia bernazar: Jika Allah SWT mengaruniai anak, maka anaknya itu akan diserahkan untuk rumah suci Baitul Maqdis. Baca kisahnya di dalam Al-Qur’an surat Ali Imran 35-36.

Hannah kemudian melahirkan anak perempuan, Maryam namanya. Orang Nasrani menyebutnya Bunda Maria. Sebagaimana nazarnya, puterinya itu kemudian diserahkan ke Baitul Maqdis (Rumah Suci). Kisahnya ada di surat Ali Imran 37.

Usia Nabi Zakaria AS sudah 100 tahun, tapi ia belum juga mempunyai anak. Istrinya, sejak muda tidak pernah melahirkan anak (mandul). Di dalam surat Maryam 4-6, Allah SWT telah berfirman, “ _Ia berkata: “Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku. Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalanku, sedang istriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera, yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya’qub; dan jadikanlah ia, ya Tuhanku, seorang yang diridhai._ ” (QS.Maryam: 4-6).

BACA:  Zikir Ketika Membasuh Beras Supaya Rezeki Tak Putus Putus Datang

Doa’ Nabi Zakaria itu pun diterima Allah SWT, sebagaimana diterangkan Allah SwT dengan firman-Nya Maryam 7-9.

Kambing Aqiqah Murah Indonesia

“Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakaria, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab (katanya): “Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang puteramu) Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri (dari hawa nafsu) dan seorang Nabi termasuk keturunan orang-orang shaleh.” (QS. Ali Imran: 39)

Wallahu a’lam.

Sumber

Kambing Aqiqah Murah Indonesia
Loading...

Minat menulis artikel? Inilah peluang untuk anda. Hantar artikel anda di sini: www.islamituindah.info/hantar-artikel