1. Mazhab Hanafi
Berkata Al-Imam Syaikh Zaadah Al-Hanafi :
وَيُسْتَحَبُّ مُبَاشَرَةُ عَقْدِ النِّكَاحِ فِي الْمَسْجِدِ وَكَوْنُهُ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ
artinya : “Disunatkan melangsungkan akad nikah di masjid dan keadaannya pada hari Jumaat.” (Kitab Majma’ Al Anhar)
2. Mazhab Maliki
Berkata Al-Imam Al-Hathab Al-Maliki :
وأما العقد في المسجد فعده المصنف وغيره من الجائزات
artinya : “Dan ada pun akad nikah di masjid itu maka pengarang dan selainnya memandangnya termasuk di antara perkara yang harus.” (Kitab Mawahib Al-Jalil)
Berkata Al-Imam Ad Dardir :
( وَعَقْدُ نِكَاحٍ ) أَيْ مُجَرَّدُ إيجَابٍ وَقَبُولٍ مِنْ غَيْرِ ذِكْرِ شُرُوطٍ وَلَا رَفْعِ صَوْتٍ ، أَوْ تَكْثِيرِ كَلَامٍ
artinya : (Dibolehkan akad nikah) yaitu hanya ijab dan qabul tanpa menyebutkan berbagai syarat-syarat. Dan tiada bolih membuat bising atau banyak berbicara.” ( Kitab Syarah Al Kabir)
3. Mazhab Syafi’i
Al-Imam Ibnu Solah berkata :
يستحب عقد النكاح في المسجد. وفي المغرب الأقصى لا يزال المسجد هو المكان المفضل إلى اليوم لعقد الزواج وإعلانه بدعوة الناس إليه في المسجد.
artinya : “Disunatkan akad nikah di masjid.”(Majalah Al Jami’ah Al Islamiyah)
Berkata pula Al-Imam Abu Bakar Ad-Dimyathi :
ويسن أن يكون العقد في المسجد
artinya : Disunatkan bahawa adalah akad nikah itu di dalam masjid.” (Kitab I’anatuth Thalibin)
4. Mazhab Hambali
Al-Imam Ibnu Taimiyah berkata :
أَنَّ عَقْدَ النِّكَاحِ يُشْبِهُ الْعِبَادَاتِ فِي نَفْسِهِ بَلْ هُوَ مُقَدَّمٌ عَلَى النَّوَافِلِ أَلَا تَرَى أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ عَقْدُهُ فِي الْمَسَاجِدِ – وَالْبَيْعُ قَدْ نُهِيَ عَنْهُ فِي الْمَسْجِدِ
artinya : “Sesungguhnya disunatkan akad nikah itu pada masjid-masjid. Dan berjual beli itu sungguh telah dilarang daripadanya di dalam masjid.” (Kitab Al-Fatawa Al-Kubra)
Sekian
Wallahua’lam
Sumber: Ustaz Azhar Idrus (Original)
Minat menulis artikel? Inilah peluang untuk anda. Hantar artikel anda di sini: www.islamituindah.info/hantar-artikel