≡ Menu

Baca Ayat Kursi Sebelum Tidur, Dipelihara Daripada Gangguan Sehingga Subuh.


Ayat kursi adalah sebuah ayat ke-255 dari Surat Al Baqarah dalam kitab suci Al Qur’an. Ayat kursi ini dikenal dengan ayat banyak dihafal umat muslim selain surat Al Fatihah. Satu ayat dalam Surat Al Baqarah tersebut menduduki posisi ayat yang agung. Menurut penjalasan Imam Nawawi dalam Syarh Imam Muslim, ayat tersebut begitu istimewa karena di dalamnya mengandung dasar-dasar nama dan sifat Allah yang sangat Indah.

Rasulullah menyetujui dalam hadisnya jika ayat kursi merupakan ayat yang paling agung dalam Al Qur’an. Sesuai dengan hadis Nabi:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِى أَىُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَم. قَالَ قُلْتُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. قَالَ يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِى أَىُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ. قَالَ قُلْتُ اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ. قَالَ فَضَرَبَ فِى صَدْرِى وَقَالَ وَاللَّهِ لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ

Nabi Muhammad bersabda, “Wahai Aba Mundzir – Ubay bin Ka’ab – tahukah Engkau mana ayat yang paling agung menurutmu di dalam kitab Allah?” aku ( Aba Mundzir ) menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu. Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam.” Beliau mengulangi lagi, “Wahai Aba Mundzir, tahukah Engkau mana ayat yang paling agung menurutmu di dalam kitab Allah?” Aku ( Aba Mundzir ) menjawab, “Yaitu Allahu laa ilaaha illa huwal hayyul qayyum (ayat kursi).” Kemudian beliau menepuk dadaku dan berkata semoga engkau dimudahkan mendapatkan ilmu wahai Aba Mundzir (HR. Muslim)

BACA:  Penggemar Teh, Ini Manfaat Baru Untuk Otak Yang Dibuktikan Oleh Saintis Singapura

Sebagai ayat yang paling agung, ayat kursi sering dibaca dalam keadaan tertentu. Misalnya sesaat sebelum tidur. Membaca ayat kursi sebelum tidur merupakan salah satu anjuran Nabi yang bermanfaat untuk keselamatan diri. Penelitian Dr Arthur J Alisn dari Britis University mengungkapkan bahwa memang ada yang keluar dari tubuh manusia ketika tidur, dan masuk kembali ketika terbangun. Sedangkan untuk orang mati, sesuatu itu tidak kembali. Sesuatu itu bisa jadi merupakan roh yang dijelaskan dalam Al Qur’an.

Sangat wajar jika Rasulullah menganjurkan umatnya untuk membaca ayat kursi sebelum tidur. Tidur dapat direnungkan sebagai simulasi kematian, namun perbedaanya hanya pada pengembaian roh tersebut. Suratan kembali tidaknya roh tersebut hanya ada pada genggaman Allah. dan barangsiapa yang membaca ayat kursi sebelum tidur, maka Allah akan menjaganya. Sebagaimana keterangan hadis Nabi dalam Kitab Fadha’il Qur’an :

BACA:  Mengapa Solat Tahajjud di Tengah Malam?

إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِيِّ لَنْ يَزَالَ مَعَكَ مِنْ اللَّهِ حَافِظٌ وَلَا يَقْرَبُكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ

Apabila kamu naik tempat tidurmu, bacalah ayat kursi. Selamanya kamu akan disertai penjaga dari Allah dan setan tidak akan mendekat kepadamu (HR Bukhari).

Penjagaan Allah adalah sebaik-baik penjagaan. Dengan membaca ayat kursi sebelum tidur, kita sudah berupaya agar Allah menjaga kita sepanjang perjalan tidur kita. Setan pun tidak akan mendekat, terlebih mengganggu ketenangan tidur kita. Maka dari itu, yuk segera amalkan dengan istiqamah pembacaan ayat kursi sebelum tidur, agar kita tetap dalam penjagaan Allah.

Minat menulis artikel? Inilah peluang untuk anda. Hantar artikel anda di sini: www.islamituindah.info/hantar-artikel