≡ Menu

4 Waktu Terbaik dan Mustajab untuk Solat Tahajud



Menghiasi malam dengan sholat tahajud, akan bisa menghantarkan diri untuk selalu mendekat kepada Allah SWT sebagai Sang Pencipta alam semesta. Bahkan dengan menjalankan sholat tahajud ini juga dipenuhi dengan beragam fadhilah yang cukup luar biasa. Di mana dengan menerapkan ibadah Sunah Mu’akkad yang satu ini, tidak sedikit pula orang yang sudah menggapai keistimewaan yang terdapat di dalamnya.

Misalnya diberikan oleh Allah sebuah jalan yang terang di dunia maupun di akhirat, Termasuk menjadi golongan orang-orang sholeh yang senantiasa dibersihkan jiwa mereka dari hal-hal buruk. Selain itu juga menjadi golongan yang selalu mendapat rahmat dan hidayah dari Sang Ilahi, dan masih banyak sekali fadhilah yang akan didapatkan.

Oleh karena itu, sholat tahajud memang perlu diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Lantas, Adakah waktu yang terbaik dalam menjalankan sholat tahajud…?. Berdasarkan apa yang telah dijelaskan dalam Al-quran dan Sunnah, menunjukkan bahwa ada beberapa waktu yang terbaik untuk menjalankan sholat tahajud.

Di malam hari setelah tidur dan bangun kembali dari tempat tidur merupakan tanda mulainya atau mengerjakan sholat tahajud. Bahkan dari waktu-waktu malam tersebut, ada jam-jam tertentu yang paling utama untuk menjalankan sholat tahajud ini. Sehingga selain kita melakukan shalat tahajud dengan istiqomah, penuh keikhlasan, serta ke-khusyu’an, alangkah baiknya jika kita memilih waktu yang lebih utama dalam menjalankan ibadah sunnah tersebut.
Nah, inilah runtutan waktu-waktu pilihan yang bisa anda terapkan untuk menjalankan sholat tahajud.

Dalam Q.S Al Isra’ ayat 79, bahwasanya Allah SWT telah berfirman : “ Hendaknya engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk shalat tahajud, sebagai shalat sunnah untuk dirimu, mudah-mudahan Tuhan akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang baik ”.

BACA:  Tempoh Harus Jamak dan Qasar Solat di Suatu Tempat

1. Sepertiga Malam yang Pertama
Sholat tahajud bisa dikerjakan pada waktu sepertiga malam yang pertama, dan waktu tersebut juga termasuk salah satu waktu yang utama, yakni setelah sholat Isya’ sampai pukul 10.00 malam, dan harus tidur terlebih dahulu walaupun sejenak. Sehingga pada waktu-waktu tersebut, kita bisa menjalankan sholat tahajud sedikitnya dua rakaat. Untuk batasan mengenai banyaknya rakaat menjalankan sholat tahajud juga tidak terbatas. Dan lebih baik dalam menjalankan sholat tahajud, hendaknya dibarengi dengan ke-istiqomahan. Agar semua fadhilah yang terdapat di dalamnya mampu kita raih, dan menjadikan hidup bisa lebih berkah di dunia dan akhirat.

2. Sepertiga Malam yang Kedua
Yang lebih utama lagi yakni menjalankan sholat tahajud pada sepertiga malam yang kedua, Yaitu antara pukul 10.00 malam hingga 01.00 dini hari. Di mana sholat tahajud di waktu tersebut dengan terlebih dahulu tidur sejenak, memang sudah sepatutnya kita terapkan. Dan biasanya bagi kebanyakan orang memang sedikit terasa kesulitan untuk bangun di jam-jam tersebut. Namun menghiasi waktu-waktu tersebut dengan ibadah sholat malam, maka banyak fadhilah dan keistimewaan besar yang akan didapatkan.

3. Sepertiga Malam yang Terakhir
Menjalankan sholat sunnah tahajud pada sepertiga malam yang terakhir memang merupakan waktu yang paling utama. Yang mana waktu tersebut terletak antara jam 01.00 dini hari sampai dengan sebelum masuk waktu subuh. Oleh sebab itu waktu sepertiga malam yang terakhir itulah, yang mana biasa disebut-sebut dalam Al-quran dan Sunnah sebagai waktu paling afdhal untuk mengerjakan ibadah sunnah di malam hari. Terlebih lagi dalam menjalankan sholat tahajud.

Hal demikian memang berdasarkan hadits Nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam muslim. Yang mana di dalam hadits tersebut menjelaskan :

BACA:  KEPADA SUAMI: Ketahuilah Wangmu Milik Isterimu Tapi Wang Isterimu Bukan Milikmu

“ Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Allah) pun berkata, “ Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang ia minta?, Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya?, Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya? ”.

Oleh karena itu, Waktu sepertiga malam inilah yang menjadi waktu-waktu paling utama untuk mengerjakan suatu amalan atau ibadah sunnah layaknya sholat tahajud. Sehingga dengan cara memilih waktu yang paling utama ini, semoga seluruh fadhilah yang terdapat di dalamnya mampu untuk diraih dan menjadikan kualitas hidup lebih baik. Tentunya juga senantiasa mendapat perlindungan dari Sang Pencipta alam semesta.

4. Pada Bulan Ramadhan
Shalat tahajud tidak hanya dilakukan di hari – hari biasa saja. Pada malam bulan puasa sebagaimana diyakini menjadi momen penuh berkah, jika kita melakukan ibadah sunah ini akan mampu melebur dosa – dosa yang ada. Berdasarkan hadits diriwayatkan oleh Muttafaqun ‘Alaih, Rasulullah SAW bersabda : “ Sesungguhnya Allah telah mewajibkan puasa di bulan Ramadhan dan telah men-sunahkan shalat malam pada malam harinya. Barang siapa yang melakukan keduanya karena iman dan ihtisab, maka dosa – dosanya akan keluar ( sampai ) seperti pada hari ia dilahirkan oleh ibunya. ”

Tentunya waktu terbaik ini tidak boleh kita sia – siakan lagi bukan…? Karena bulan istimewa tersebut hanya datang setahun sekali, sehingga sayang apabila kita tidak menghiasinya dengan shalat malam / tahajud.

Minat menulis artikel? Inilah peluang untuk anda. Hantar artikel anda di sini: www.islamituindah.info/hantar-artikel


error: Content is protected !!